Kiat Melancarkan ASI

menyusui dan melancarkan asi

MENYUSUI adalah kegiatan yang sangat alamiah ketika seorang wanita baru melahirkan. Namun tidak semua wanita dapat menyusui anaknya dengan lancar, bahkan ada yang tidak bisa menyusui karena payudaranya tidak berfungsi dengan benar. Menjelang kehamilan, tubuh Anda secara alami akan mempersiapkan diri untuk menyusui. Anda pun tidak perlu repot-repot memberi perawatan ekstra.

Namun jika kulit Anda tergolong sensitif atau puting Anda tidak bisa keluar dan tersembunyi dalam payudara, Anda pun mau tak mau harus melakukan sesuatu agar si calon bayi tidak kesulitan meminum ASI dari payudara Anda.

Seperti dikutip dari eHow, ini dia tips yang bisa dilakukan sebelum bayi Anda lahir dan Anda pun dapat menyusui dengan lancar.

  1. Beri pijatan lembut dan beberapa tetes kolustrum pada bagian puting setiap harinya. Mulailah beberapa minggu sebelum Anda melahirkan.
  2. Berikan krim lanolin pada daerah di sekitar puting, lakukan beberapa kali setiap harinya untuk menenangkan daerah payudara yang terasa sakit dan melembutkan kulit setelah mulai menyusui.
  3. Usahakan agar penutup bra yang Anda gunakan khusus menyusui (nursing bra) tetap terbuka agar payudara Anda mendapat udara dan oksigen yang cukup.
  4. Jika Anda mempunyai masalah dengan puting yang masuk ke dalam payudara atau puting Anda tidak keluar menjelang melahirkan, konsultasikanlah dengan ahli laktasi.
  5. Ikuti grup-grup menyusui menjelang kehamilan Anda untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang masa-masa menyusui atau pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan sebelum melahirkan.
  6. Dapatkan buku yang bagus tentang menyusui dan bacalah menjelang kelahiran sehingga Anda akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan ketika anak Anda lahir.

Selamat mencoba semoga Anda berhasil memberikan ASI secara esklusif selama 6 bulan kepada buah hati tercinta.

Sumber: health.detik.com Gambar: Emoryhealthcare


Related Posts:
SAAT buah hati ibu tumbuh dan berkembang di dalam kandungan, tubuh ibu memb
UNICEF menyatakan, sebanyak 30.000 kematian bayi di Indonesia dan 10 juta k
INSIDEN alergi pada bayi merupakan hal yang sering menjadi perhatian. Data
SERINGKALI ibu-ibu bekerja mengalami dilema antara ingin memberikan ASI eks
KEUNGGULAN dan manfaat menyusui dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: as
MENURUT para ahli saat ini lebih banyak ibu-ibu baru yang memberikan bayi m
 

Quotes Of The Day

"ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja tanpa tambahan apa pun, termasuk air putih, air gula, pisang, dll sampai bayi berusia 6 bulan."

Today Tips