Susu Formula Untuk Tambahan ASI

susu formulaSEPERTI kita ketahui bersama ASI adalah hal terbaik yang bisa diberikan untuk bayi kita. Bahkan organisasi-organisasi kesehatan dunia seperti American Academy of Pediatrics (AAP), American Medical Association (AMA), American Dietetic Association (ADA) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setuju bahwa ASI adalah bentuk ideal nutrisi untuk bayi (terutama selama 6 bulan pertama). Namun, kembali kepada pilihan setiap orang tua untuk memutuskan apa yang terbaik untuk mereka dan bayinya. Dan susu formula memang dirancang dan diatur secara ketat untuk memberikan nutrisi yang diperlukan oleh bayi Anda.

Setiap orang tua, pasti dihadapkan pada pertanyaan apakah akan memutuskan memberi ASI saja, susu formula saja atau ASI dan susu formula untuk bayinya. Berikut adalah jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang pemberian susu formula.

Saya menyusui tetapi juga ingin mulai memberikan susu formula untuk bayi saya. Apakah hal ini diperbolehkan?

AAP merekomendasikan pemberian ASI eksklusif (yaitu, memberikan bayi tidak ada makanan lain, minuman, atau formula) untuk 6 bulan pertama. Dan banyak manfaat kesehatan dari menyusui datang selama 2 bulan pertama dari antibodi protektif dalam ASI yang dapat membantu menjaga bayi yang sehat. Kecuali dokter anak anda merekomendasikan hal itu. Saran pemberian susu formula ini biasanya karena dianggap produksi ASI Anda belum berkembang sepenuhnya sehingga bayi Anda kurang asupan nutrisi. Para ahli laktasi merekomendasikan bahwa orang tua menunggu setidaknya 1 bulan sebelum menawarkan dot atau puting buatan dalam bentuk apapun untuk menghindari kebingungan puting. Pemberian tambahan susu formula terlalu dini juga dapat menyebabkan penurunan produksi ASI Anda. Ingatlah, produksi ASI mengikuti kebutuhan bayi Anda, tetap yakin dan makan makanan bergizi agar produksi ASI lancar.

Jika Anda mengalami kesulitan memompa ASI atau perlu kembali bekerja, melengkapi ASI dengan susu formula mungkin satu-satunya pilihan jika Anda masih ingin terus menyusui. Sangat penting untuk diingat bahwa kesehatan bayi dan kebahagiaan keluarga Anda sebagian besar ditentukan oleh apa yang terbaik menurut keyakinan Anda dan tidak hanya berdasarkan rekomendasi saja. Jadi jika Anda ingin melengkapi atau bahkan memberikan 100% susu formula, bayi Anda akan baik-baik saja dan tumbuh sehat, terutama jika hal ini tidak menciptakan stres bagi Anda.

Jika saya ingin mulai memberikan susu formula bagaimana saya harus memulai?

Tergantung pada berapa banyak rumus yang Anda gunakan untuk memberikan susu formula, apakah satu botol sehari, satu botol seminggu atau beberapa botol dalam sehari. Tahap awal Anda bisa mulai memberikan satu botol susu formula sehari dan mengurangi pemberian ASI satu sesi menysusui. Jangan terlalu mendadak atau terburu-buru menggantikan ASI dengan susu formula. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri, kemungkinan payudara Anda akan terasa membengkak dan nyeri, jadi lakukan secara bertahap menurun dari waktu ke waktu.

Pada mulanya pemberian susu formula ini dapat menyebabkan sembelit atau pengerasan tinja bayi Anda. Kombinasikan dengan pemberian jus buah untuk membantu menjaga kotoran bayi tetap lunak. Mencampur ASI yang telah dipompa dengan susu formula juga dapat membantu pencernaan bayi Anda beradaptasi. Anda masih bisa menyusui dari payudara dan memperkenalkan botol seperti yang Anda inginkan. Pastikan tetap berkonsultasi dengan dokter anak Anda,  terutama jika bayi Anda mengalami kesulitan BAB.

Apakah pemberian botol susu formula ini saya yang melakukan sendiri pada awalnya atau sebaiknya orang lain?

Sebaiknya untuk pertama kali pemberian botol susu formula ini dilakukan oleh orang lain. Mengapa? Karena bayi bisa mencium bau ibu mereka dan mereka sudah terbiasa menerima ASI dari ibu, bukan botol susu formula. Jadi cobalah meminta bantuan orang lain, seperti seorang pengasuh atau pasangan Anda untuk memberikan botol susu formula pertama kali. Juga pertimbangkan untuk menjauh dari bayi Anda ketika proses ini berlangsung agar tidak terlihat yang bisa menyebabkan bayi Anda bertanya-tanya kenapa tidak seperti biasanya cara makannya. Mungkin pada awalnya akan terasa sulit, tapi tetaplah yakin dan berusaha mencobanya.

Related Posts:
PERTUMBUHAN gigi pada bayi membutuhkan waktu yang cukup lama dan memilik
MENGAJAK bayi kita jalan-jalan merupakan aktivitas yang menyenangkan unt
MASYARAKAT Asia termasuk Indonesia masih mempercayai tradisi membedong a
RESEP ini bisa menggunakan segala jenis apel, tetapi kami merekomendasik
BAGI sebagian orang, merancang nama untuk anak mudah saja karena sejak b
PADA masa tertentu, nafsu makan anak kadang berkurang. Hal ini seringkal
 

Quotes Of The Day

"Bukti-bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ASI adalah sumber prebiotik pertama dan terbaik yang dapat diperoleh seorang anak pada awal kehidupannya."

Today Tips