Radang Tenggorokan

PENYEBAB paling umum sakit tenggorokan adalah virus dan yang paling umum adalah virus selesma atau virus flu. Zat-zat pemicu radang juga dapat mengakibatkan sakit tenggorokan seperti debu, asap roko serta bulu hewan. Bila tenggorakan bayi tampak merah serta mengalami rasa sakit lebih dari sehari, cobalah untuk memeriksanya dengan cermat. Mungkin saja ia telah terserang virus coxsackie. Kalau tidak demikian, mungkin pula ia terserang infeksi lainnya.

Perhatikan pula suhu tubuhnya, apakah melebihi 38 derajat Celcius serta bagaimana pula nafsu makannya. Bila bayi tidak mampu menelan, membuka mulutnya dengan leluasa atau sangat sulit bernafas, segera hubungi dokter.

Untuk radang tenggorokan yang diakibatkan oleh virus, tidak ada pengobatan khusus. Sistem kekebalan tubuh bayi itulah yang akan menetralisir serangan virus dalam waktu beberapa minggu. Jadi, usahakanlah untuk terus memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi dengan jalan antara lain memberikan gizi yang diperlukan. Kalau masih dalam masa penyusuan, maka memberikan ASI itu sangat baik dalam rangka memperkuat daya tahan tubuhnya.

Sementara itu, bila radang tenggorokan itu diakibatkan oleh bakteri, maka biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. Untuk memastikan apakah penyebabnya bakteri atau virus, dokter biasanya akan lebih dahulu melakukan tes jaringan.

Obat Pereda Nyeri - Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa menggunakan obat penurun nyeri, baik yang ditelan atau yang disemprot ke dalam mulut. Namun, untuk memastikan obat mana yang boleh digunakan, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter anak Anda.


Related Posts:
CACINGAN pada anak-anak sudah sangat umum dan diketahui oleh masyarakat
 

Quotes Of The Day

"Tidak benar, wanita dengan payudara kecil memproduksi ASI lebih sedikit. Ukuran bukanlah faktor, produksi ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda."

Today Tips