Tahap Perkembangan Janin Minggu 11-20

MINGGU 11

Mulai minggu ini hingga minggu 20, pertumbuhan bayi sangat cepat. Dari panjang 44-60 mm dan beratnya 8 gram  menjadi 16-16 cm dengan berat 260 gram pada minggu 20. Kepalanya sekitar setengah panjang tubuhnya. Alat kelamin luar berkembang, namun masih terlalu dini untuk memeriksa jenis kelaminnya dengan ultrasonografi (USG).

Minggu 12

Bentuk wajah bayi lengkap, ada dagu dan hidung kecil. Jari-jari tangan dan kaki yang mungil terpisah penuh. Usus bayi telah berada di dalam rongga perut. Akibat meningkatnya volume darah ibu, detak jantung janin bisa jadi meningkat. Panjangnya sekitar 63 mm dan beratnya 14 gram.

Minggu 13

Pada akhir trimester pertama, plasenta berkembang untuk menyediakan oksigen , nutrisi dan pembuangan sampah bayi. Kelopak mata bayi merapat untuk melindungi mata yang sedang berkembang. Janin mencapai panjang 76 mm dan beratnya 19 gram.

Minggu 14

Tiga bulan setelah pembuahan, panjangnya 80-110 mm dan beratnya 25 gram. Lehernya semakin panjang dan kuat. Lanugo, rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan melindungi kulit mulai tumbuh pada minggu ini. Kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium turun dari rongga perut menuju panggul.

Minggu 15

Tulang dan sumsum tulang di dalam sistem kerangka terus berkembang. Jika bayi Anda perempuan, ovarium mulai menghasilkan jutaan sel telur pada minggu ini. Kulit bayi masih sangat tipis sehingga pembuluh darahnya kelihatan. Akhir minggu ini, beratnya 49 gram dan panjang 113 mm.

Minggu 16

Janin mulai bergerak ! Tetapi tak perlu kuatir jika Anda tak merasakannya. Semakin banyak kalsium yang disimpan dalam tulang bayi seiring dengan perkembangan kerangka. Bayi Anda berukuran 116 mm dan beratnya 80 gram.

Minggu 17

Dengan panjang 12 cm dan berat 100 gram, bayi masih sangat kecil. Lapisan lemak cokelat mulai berkembang, untuk menjada suhu tubuh bayi setelah lahir. Tahukah Anda ? Saat dilahirkan, berat lemak mencapai tiga perempat dari total berat badannya.

Minggu 18

Mulailah bersenandung sebab janin sudah bisa mendengar pada minggu ini. Ia pun bisa terkejut bila mendengar suara keras. Mata bayi pun berkembang. Ia akan mengetahui adanya cahaya jika Anda menempelkan senter yang menyala di perut. Panjangnya sudah 14 cm dan beratnya 140 gram.

Minggu 19

Tubuh bay diselimuti vernix caseosa,  semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka. Otak bayi telah mencapai jutaan saraf motorik karenanya ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol. Beratnya 226 gram dengan panjang hampir 16 cm.

Minggu 20

Setengah perjalanan telah dilalui. Kini, beratnya mencapai 260 gram dan panjangnya 14-16 cm. Dibawah lapisan vernix, kulit bayi mulai membuat lapisan dermis, epidermis dan subcutaneous. Rambut dan kuku tumbuh pada minggu ini.

(Sumber: BabyGuide)


Related Posts:
OPERASI caesar adalah operasi untuk mengeluarkan bayi tanpa melalui lian
APAKAH itu kehamilan prematur? adalah proses persalinan yang dimulai setela
YOGA yang dilakukan oleh ibu hamil secara teratur ternyata banyak manfaatny
BAYI saya, 6 bulan, sering pilek. Ingusnya putih atau kuning dan nafasnya b
 

Quotes Of The Day

"Jika Anda memanfaatkan 3 tahun pertama kehidupan anak Anda dengan berusaha mengembangkan kecerdasannya dengan cara yang benar, maka anak Anda akan memiliki kecerdasan yang luar biasa ketika ia masuk sekolah nanti."

Today Tips