JoomlaTemplates.me by Discount Bluehost

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Nama Bayi

Category: Nama Bayi

UNTUK sebagian orangtua, memilih nama bayi bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama bayi, seperti menyertakan nama keluarga ayah/ibu, haruskah mengandung arti, dan lainnya. Terlebih lagi, karena nama akan terus dibawa anak hingga akhir hidupnya, maka pemilihan nama anak bisa jadi beban yang cukup berat bagi orangtua. 

Bila Anda sedang berpikir untuk memberi nama untuk anak, simak pertimbangan yang sepatutnya dihindari berikut ini:

Mulai dari mana saja, asal jangan dari awal

Bila Anda tipe yang membeli buku nama-nama bayi, disarankan untuk tidak memilih dari halaman paling awal. Ada banyak nama anak yang bermula dengan huruf A. Kebanyakan buku nama-nama bayi dibuat secara alfabetis. Kebanyakan orang tak akan membaca keseluruhan nama dari buku-buku seperti 5 Juta Nama Anak. Jadi, sebelum Anda jatuh cinta dengan beberapa nama di huruf A yang sudah banyak digunakan orang, cobalah pertimbangkan nama-nama unik lain di bawah alfabet lain. 

Tahu asal idenya

Pernahkah Anda bertanya kepada orangtua mengenai asal usul nama Anda? Kebanyakan orang melakukan hal itu. Kemungkinan terbesar pula, si anak akan bertanya hal yang sama. Ia pasti akan merasa sangat kecewa bila jawaban orangtuanya hanya "Nama itu datang begitu saja", apalagi bila Anda tak bisa ingat hal yang mencetus nama itu. Jadi, coba siapkan waktu untuk memikirkan atau menciptakan nama untuk si anak. 

Cek popularitasnya

Pernahkah Anda mendapati beberapa teman sekelas di TK atau SD ternyata punya nama yang sama dengan Anda? Hal itu umum terjadi bila menggunakan nama yang cukup umum. Begitu pula bila ada tokoh atau tren tertentu yang sedang terjadi di masa anak lahir. Contoh, beberapa tahun lalu nama berawalan huruf Q sedang tren, seperti Queena, Quilla, Quinn, dan sebagainya sejak kemunculan koki selebriti Farrah Quinn. Begitu anak menginjak masa prasekolah atau masa sekolah, orangtua akan melihat adanya kesamaan ini. 

Diskusikan nama untuk dua jenis kelamin

Meski sudah sangat yakin dengan jenis kelamin si jabang bayi, selalu siapkan nama untuk masing-masing jenis kelamin. Selalu siapkan rencana cadangan seandainya perkiraan itu meleset. Perkirakan pula nama bila ternyata kembar. Tak ada salahnya menyiapkan cadangan. 

Ketahuilah, nama bisa memengaruhi pengalaman anak. 

Kebanyakan orang mengira, sisi negatif dari pemberian nama hanya bila si anak digoda teman sebayanya. Namun, ada sisi gelap lain dari nama. Studi ilmiah menunjukkan, orang akan merespon berbeda untuk tipe-tipe nama tertentu. 

Ada banyak hal yang orang akan beri tips untuk memilih nama. Namun, tentu, ujungnya akan kembali kepada orangtua untuk memilihkan nama untuk si anak, bisa sesuai nama orang yang dikagumi, bisa paduan nama orangtua, bisa berarti sebuah doa, dan lainnya. 

Tak perlu khawatir bila sebuah nama berarti hal yang negatif, karena pada akhirnya, sikap si anaklah yang akan menentukan. Tak ada jawaban baik atas masalah seputar pemilihan nama terbaik. 

Cari Nama Bayi Di Sini !!!