Tahap Perkembangan Janin Minggu 21-30

MINGGU 21

Usus bayi telah cukup berkembang sehingga ia sudah mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan manuju usus besar. Gerakan bayi semakin pelan karena beratnya sudah 340 gram dan panjangnya 20 cm.

Minggu 22

Indera yang akan digunakan bayi untuk belajar berkembang setiap hari. Setiap minggu, wajahnya semakin mirip seperti saat dilahirkan. Perbandingan kepala dan tubuh semakin proporsional.

Minggu 23

Meski lemak semakin bertumpuk di dalam tubuh bayi, kulitnya masih kendur sehingga tampak keriput. Ini karena produksi sel kulit lebih banyak dibandingkan lemak. Ia memiliki kebiasaaan "berolahraga", menggerakkan otot jari-jari tangan dan kaki, lengan dan kaki secara teratur. Beratnya hampir 450 gram.

Minggu 24

Paru-paru mulai mengambil oksigen meski bayi masih menerima oksigen dari plasenta. Untuk persiapan hidup di luar rahim, paru-paru bayi mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara tetap mengembang.

Minggu 25

Bayi cegukan, apakah Anda merasakannya? Ini tandanya ia sedang latihan bernafas. Ia menghirup dan mengeluarkan air ketuban. Jika air ketuban yang tertelan terlalu banyak, ia akan cegukan. Beratnya 560 gram.

Minggu 26

Kini berat bayi hampir 850 gram. Mata yang semula menutup mulai membuka dan mengedip. Bulu mata mulai berkembang, begitu pula dengan rambut di kepala.

Minggu 27

Minggu pertama trimester ketiga, paru-paru, hati dan sistem kekebalan tubuh masih harus dimatangkan. Namun jika ia dilahirkan, memiliki peluang 85% untuk bertahan. Panjangnya 23 cm dan beratnya mencapai 900 gram.

Minggu 28

Minggu ini beratnya 1100 gram dan panjangnya 25 cm. Otak bayi semakin berkembang dan meluas. Lapisan lemak pun semakin berkembang dan rambutnya terus tumbuh.

Minggu 29

Kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen. Hormon ini akan menyetimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh ibu sehingga membuat kolostrum (air susu yang pertama kali keluar saat menyusui).

Minggu 30

Lemak dan berat badan bayi terus bertambah sehingga bobot bayi sekarang sekitar 1400 gram dan panjangnya 27 cm. Karena ia semakin besar, gerakannya semakin terasa.

(Sumber: BabyGuide)


Related Posts:
Di USIA 6-12 bulan, tahap perkembangan motorik kasar pada anak yang dita
TATKALA bayi mengalami stress, otaknya akan merespon dengan mengeluarkan
KOMPAS.COM - Bermain adalah dunia anak. Namun sesungguhnya, kegiatan ber
MENSTIMULASI buah hati tak hanya dilakukan saat ia telah lahir, namun dari
SAAT kita mengajak anak kita pergi ke supermarket, mall atau tempat umum la
PERKEMBANGAN kognitif (intelektual) sebenarnya merupakan perkembangan pikir
 

Quotes Of The Day

"Bukti-bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ASI adalah sumber prebiotik pertama dan terbaik yang dapat diperoleh seorang anak pada awal kehidupannya."

Today Tips