Tahap Perkembangan Janin Minggu 31-40

MINGGU 31

Plasenta masih memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi. Aliran darah di plasenta memungkinkan bayi menghasilkan air seni. Ia berkemih hampir sebanyak 500 ml sehari di dalam air ketuban.

Minggu 32

Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna, begitu pula dengan bulu mata, alis dan rambut di kepala bayi yang semakin jelas. Lanugo yang menutupi tubuh bayi mulai rontok tetapi sebagian masih ada di bahu dan punggung saat dilahirkan. Dengan berat 1800 gram dan panjang 29 cm, kemampuan untuk bertahan hidup di luar rahim sudah lebih baik apabila di dilahirkan pada minggu ini.

Minggu 33

Vernix yang menutupi kulit bayi sudah cukup tebal. Paru-parunya hampir matang dan ia terus berlatih pernafasan setiap hari. Pada minggu ini, ia mulai berada di dalam posisi kelahiran.

Minggu 34

Bayi yang dilahirkan pada minggu ini, paru-parunya sudah cukup matang. Beratnya mencapai 2250 gram dengan panjang 32 cm sehingga ia sudah mampu bertahan hidup tanpa bantuan peralatan medis.

Minggu 35

Beratnya sudah 2550 gram tetapi ia mulai masuk masa percepatan kenaikan berat badan. Lemak sudah disimpan di seluruh tubuh terutama sekitar bahu. Gerakannya semakin berkurang karena ukurannya yang semakin besar.

Minggu 36

Tinggal beberapa minggu lagi bayi dilahirkan. Baratnya sudah mencapai 2750 gram. Asupan kalsium membantu kerangka bayi lebih kuat tetapi masih cukup lembut untuk melewati jalan lahir.

Minggu 37

Meskipun sudah cukup bulan, bayi masih terus berkembang. Ia mulai menghasilkan kortison, hormon yang membantu kematangan paru-paru untuk mengambil udara tanpa bantuan.

Minggu 38

Beratnya sekitar 3100 gram dan panjangnya 35 cm. Lemak masih diproduksi meski tingkat pertumbuhannya mulai melambat. Jika bayi Anda laki-laki, testikel telah turun mendekati skrotum. Jika bayi Anda perempuan, alat kelaminnya telah berkembang sempurna.

Minggu 39

Karena beratnya 3250 gram, ia memenuhi rongga rahim. Tali pusat yang membawa nutrisi dari plasenta panjangnya 50 cm dan tebalnya 1,3 cm. Karenanya tali pusat bisa melilit bayi.

Minggu 40

Setelah berminggu-minggu menunggu dan mempersiapkan diri, sang bayi akhirnya dilahirkan. Atau bisa jadi belum lahir. Hanya 5% wanita hamil yang melahirkan tepat dengan perkiraan tanggal persalinan. Si kecil lahir dengan berat rata-rata 3500 gram dan panjangnya 48-51 cm.

(Sumber: BabyGuide)


Related Posts:
BAGI para ibu hamil yang hendak melakukan perjalanan yang cukup jauh, misal
 

Quotes Of The Day

"Rumah adalah sekolah pertama anak. Orang tua adalah guru pertama anak. Membaca adalah pelajaran pertama anak."

Barbara Bush