Persiapkan Diri Anda Sebelum Hamil

PERSIAPAN apa saja yang perlu diketahui calon ibu agar kehamilannya bisa dijalani dengan nyaman, sehat dan gembira? Sembilan bulan bukanlah waktu yang sebentar. Dalam kurun waktu itu, Anda harus selalu dalam keadaan sehat, baik fisik maupun mental. Karena itu dukungan suami selama Anda hamil sangatlah penting.

Perhatikan kondisi mental dan emosi Anda karena keadaan mental akan mempengaruhi hipotalamus di otak yang bertugas mengirimkan sejumlah sinyal ke seluruh tubuh. Bila kondisi mental Anda stabil, sinyal-sinyal yang dikirimkan hipotalamus akan membawa pengaruh baik pada tekanan darah, otot-otot tubuh, pernafasan dan detak jantung Anda.

Agar kesehatan fisik selalu terjaga, perhatikan asupan gizi di dalam menu makanan Anda. Hindari makanan olahan atau makanan yang mengandung pengawet. Usahakan Anda selalu mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sebanyak 2.300-2.500 kkal (kilokalori) per hari. Jangan lupa untuk minum susu agar tubuh Anda selalu kuat.

Beberapa zat gizi yang perlu Anda konsumsi selama hamil adalah DHA, Omega-3 dan 6, Asam Folat, Kolin, Probiotik FOS dan Zat Besi. Di samping itu persiapan secara finansial juga perlu dilakukan agar dapat mengurangi kegalauan calon ibu dalam menghadapi kehamilannya.

Test apa sajakah yang harus dilakukan sebelum hamil? Apa manfaatnya?

Sebelum hamil, calon ibu sebaiknya menjalani beberapa test yang diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatannya karena bisa berdampak pada janin yang akan dilahirkannya kelak. Beberapa test yang dimaksud adalah pemeriksaan fisik, laboratorium (golongan darah, Rhesus, HbsAg, gula darah, TORCH, dll) dan pemeriksaan genetika. Jika kemungkinan besar akan terjadi dampak negatif, misalnya penyakit tertentu yang diturunkan, maka dampak tersebut bisa diusahakan dicegah atau diperkecil risikonya sebelum hamil.

Bagaimana seharusnya dukungan suami dalam merencanakan kehamilan istri?

Keterlibatan suami secara fisik dan mental sangat besar dalam perencanaan kehamilan istrinya. Hindari gangguan yang mengakibatkan sperma rusak atau tidak berproduksi dengan berolahraga, berhenti merokok dan tidak minum minuman beralkohol. Jauhkan diri dari lingkungan yang panas dan tidak sehat, konsumsi vitamin C dan E serta kendalikan stress.


Related Posts:
UNTUK mempercepat pemulihan kondisi tubuh pasca-melahirkan, disarankan u
STRES juga dapat dialami oleh ibu hamil dalam masa kehamilannya. Semakin me
PILIHLAH jenis latihan yang tepat bagi anda, meskipun mungkin anda dapat me
 

Quotes Of The Day

"Membacakan dengan keras kepada anak-anak merupakan kegiatan paling penting untuk membangun pengetahuan dan keberhasilan kelak."

Komisi Bacaan Departemen Pendidikan AS