Melahirkan Dengan Teknik HypnoBirthing ?


PERNAHKAH Anda mendengar tentang Hypnobirthing ? Hypnobirthing merupakan teknik melahirkan secara alami, yang meliputi relaksasi mendalam, pola pernapasan secara lambat dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh. Hypnobirthing memungkinkan calon ibu untuk menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat dan tanpa proses pembedahan.

Selain berguna untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar proses persalinan, ternyata penggunaan Hypnobirthing selama kehamilan dapat mencegah gangguan emosional baik sebelum ataupun sesudah persalinan. Dengan Hypnobirthing, sang ibu bisa masuk ke dalam alam pikiran bawah sadar dan berbicara dengan sang bayi yang masih dalam kandungan. Hypnobirthing membantu seorang ibu untuk mengkoordinasikan fungsi mind body and soul (pikiran tubuh dan jiwa) secara harmonis sehingga mendapatkan perasaan bahagia dalam proses persalinan maupun saat masa kehamilan dan pasca melahirkan.

Pakar ginekologi, Dr. Grantly Dick-Read, merupakan orang yang mempublikasikan buku Childbirth Without Fear di tahun 1944, dan dari buku inilah teknik Hypnobirthing dicetuskan. Selanjutnya teknik ini dikembangkan oleh Marie Mongan, pendiri Hypnobirthing Institute, pada tahun 1989. Terapi ini mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran.

Hypnobirthing dapat dilakukan oleh setiap wanita, dan hanya membutuhkan pelatihan singkat karena pada dasarnya upaya sinkronisasi antara body mind and soul tidak sulit dilakukan oleh siapa pun. Pada kehamilan trisemester pertama biasanya sudah baik untuk melakukan Hypnobirthing, namun tidak akan terlambat jika Anda baru memulainya di usia kehamilan tujuh bulan.

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi Hypnobirthing juga bermanfaat untuk janin, suami, dokter dan para medis. Untuk janin, dengan Hypnobirthing akan membuat kedekatan emosi dan ikatan batin yang lebih kuat, karena antara sang ibu dan bayi telah terjalin komunikasi di bawah sadar. Janin akan merasa damai dan mendapatkan getaran tenang serta pertumbuhan hormon melalui plasenta yang lebih seimbang. Untuk suami, akan merasa lebih tenang dalam mendampingi proses kelahiran, emosi kehidupan suami-istri lebih seimbang karena biasanya dalam beberapa kasus terdapat ibu hamil yang mudah marah pada suaminya, semua ini dapat diseimbangkan dengan Hypnobirthing.

Dokter dan para medis juga mendapatkan keuntungan tersendiri jika sang ibu melakukan Hypnobirthing, yaitu pada saat melakukan proses kelahiran akan terasa lebih ringan. Biasanya ibu hamil yang mengikuti program ini emosinya lebih stabil, tidak banyak mengeluh sehingga proses persalinan akan lebih lancar dan cepat. Hal ini juga meminimalkan obat bius, karena kemungkinan komplikasi persalinan lebih kecil. Proses pembukaan saat lahir lebih singkat, dan mengurangi penggunaan induksi persalinan.

Sejauh ini belum ditemukan efek samping dari Hypnobirthing, karena teknik ini tidak menggunakan obat-obatan kimia. Apabila Anda tertarik untuk mengikuti Hypnobirthing, dapat dikonsultasikan pada dokter kandungan atau menghubungi tempat hypnotheraphy di kota Anda.

(Sumber: MelindaHospital.COM)


Related Posts:
KEHAMILAN dan mendapatkan keturunan merupakan sebuah harapan yang besar
SALAH SATU cara terbaik untuk memaksimalkan dan mempercepat kemungkinan
KEHAMILAN adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus d
MEMPUNYAI anak adalah dambaan setiap keluarga, bahkan dengan anak hidup
SAAT seorang wanita hamil terjadi perubahan-perubahan pada tubuh yang me
KEHAMILAN adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh suami istri yang
 

Quotes Of The Day

"Membacakan dengan keras kepada anak-anak merupakan kegiatan paling penting untuk membangun pengetahuan dan keberhasilan kelak."

Komisi Bacaan Departemen Pendidikan AS