JoomlaTemplates.me by Discount Bluehost

Sesaat Setelah Bayi Lahir

Category: Perawatan Bayi

APA yang perlu dilakukan setelah bayi kita lahir di jam - jam pertama ? hal ini perlu kita ketahui agar bisa segera membangun hubungan yang baik dan erat antara orang tua dengan si bayi. Hal ini sangat berpengaruh pada insting bayi Anda tentang dunia yang baru saja dilihatnya. Bagaimana dia akan mengerti untuk segera bisa menyusu ke ASI ibunya, dsb.

  • Segeralah bicara, menyentuh dengan lembut dan mendekap bayi baru Anda saat masih berada di ruang persalinan, ini saat yang sangat baik untuk ibu dan si buah hati.
  • Ini juga saat yang tepat untuk memulai menyusui. Beritahulah dokter untuk tidak memperbolehkan siapapun memberikan apapun kepada bayi selain ASI
  • Dokter akan segera memeriksa si buah hati sesegera mungkin setelah kelahirannya, memeriksa penampilan fisik, gerak refleks, nafas, detak jantung dan aktivitasnya untuk melihat apakah si buah hati memerlukan perawatan khusus atau tidak
  • Mintalah untuk menempatkan si buah hati di samping ibu. Sentuh dan peluklah dia serta perhatikan dan mengertilah perasaannya.
  • Bayi Anda mungkin terlihat berbeda dengan apa yang Anda harapkan. Tanyalah pada petugas rumah sakit jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai penampilan si buah hati.
  • Mintalah perawat untuk menunjukkan bagaimana cara mengukur suhu tubuhnya. Anda harus kontrol si buah hati ke dokter ketika berusia satu minggu atau bisa lebih cepat jika Anda telah diberitahukan. Segeralah setelah proses persalinan hubungi dokter anak untuk membuat janji pemeriksaan.
  • Setiap bayi harus diberikan perlindungan terhadap penyakit Hepatitis B dan Polio. Beberapa dokter akan merekomendasikan untuk memberikan imunisasi Hepatitis B dan Polio pertama sebelum meninggalkan rumah sakit.

Jika ibu atau suami ibu mempunyai pertanyaan mengenai cara mengangkat bayi, memberikan makan, memandikan, memakaikan popok atau baju pada bayi, mintalah perawat untuk membantu ibu mengajari. Bayi ibu membutuhkan semua cinta kasih dan kenyamanan yang dapat ibu berikan, ibu tidak dapat terlalu mencintai si buah hati secara berlebihan. Seluruh anggota dapat saling berbagi merasakan kenikmatan cinta kasih ini.