JoomlaTemplates.me by Discount Bluehost

Penyakit TBC

TBC (Tuberkulosis) oleh orang awam biasanya disebut sebagai penyakit paru - paru. Penyakit ini sangat menular di antaranya melalui pernafasan, percikan ludah sewaktu batuk, bersin atau bercakap - cakap serta melalui udara yang mengandung kuman TBC (karena meludah di sembarang tempat).

Bahaya yang ditimbulkan penyakit TBC sangat berbahaya, pada kebanyakan kasus bisa mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Adapun bahayanya seperti :

  • Kerusakan paru - paru.
  • Kerusakan tulang.
  • Kerusakan otak yang bisa mengakibatkan cacat mental dan kelumpuhan.

Penyakit TBC bisa dicegah dengan memberikan imunisasi BCG melalui suntikan di daerah lengan bagian atas (intrakutan). Biasanya diberikan sedini mungkin ketika bayi baru lahir atau secepatnya sebelum terserang. Bayi dikatakan menderita TBC bisa diketahui dengan melalui tes Tuberkulin (Tes Mantoux atau PPD). Tes ini biasanya dikerjakan pada bayi atau anak - anak yang dicurigai menderita TBC atau akan di BCG tetapi umumnya sudah terlambat atau tidak sesuai jadwal imunisasi.

Imunisasi BCG perlu diulang ketika anak berusia 5 tahun atau mau masuk SD, 10 tahun atau tamat SD dan bila tes Tuberkulin negatif (tidak ada kekebalan terhadap TBC).