Tanda Biru, Tanda Lahir

BIRTHMARK atau tanda lahir pada anak sering kita jumpai pada daerah sekitar kulit bokong, paha, lengan atas atau pada bagian tubuh bayi yang baru lahir. Tanda ini bisa berupa bercak berwarna kehitaman, biru atau merah pada kulit. Tanda lahir ini muncul akibat sekumpulan pembuluh darah kecil yang tumbuh abnormal(terlalu banyak) dibawah kulit. Tapi apa yang menyebabkan tanda lahir ini muncul hanya pada satu area tubuh tertentu hingga kini belum diketahui penyebabnya secara pasti.

Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa jenis tanda lahir yang hampir semua akan hilang dengan sendirinya, diantaranya adalah:

  • Port Wine Stains - Berwarna merah muda atau merah yang disebabkan oleh pembuluh rambut yang membesar di dalam kulit.
  • Strawberry Marks - Awalnya tanda lahir ini muncul sebagai titik merah kecil yang kadang tidak jelas terlihat. Selama bulan pertama kehidupan bayi, titik merah ini akan tumbuh sampai menjadi sebuah gumpalan merah.
  • Mongolian Spot -Inilah tanda lahir yang paling banyak terjadi pada bayi Asia. Cirinya berwarna biru kehitaman dan sering muncul di lengan, punggung atau bokong bayi.
  • Salmon Patches - Tanda lahir ini sering juga disebut Storkbites(gigitan burung bangau).
  • Pigmented Naevy - Berwarna coklat pucat, dan akan membesar seiring pertambahan berat badan bayi.
  • Hemangioma - Tanda lahir ini lebih sering muncul pada anak perempuan dibanding dengan anak laki-laki dan umumnya muncul pada ras kaukasia. Bentuknya berupa benjolan berwarna merah dan muncul dalam bentuk tak beraturan. Awalnya hemangioma muncul seperti noktah berwarna merah lalu terjadi benjolan. Ukuran hemangioma akan membesar (bisa mencapai ukuran ibu jari orang dewasa) sampai bayi usia 18 bulan. Selanjutnya ia akan mengempis dan memudar warnanya secara perlahan dalam waktu 3-10 tahun. Walau demikian, bila sangat mengganggu misalnya menutupi mata sehingga mengganggu penglihatan jika ini terjadi maka sebaiknya anda segera menghubungi dokter.

Jika anak Anda mengalami salah satu dari berbagai tanda lahir tersebut di atas maka sebaiknya hal yang Anda lakukan adalah sabar dan tidak usah diapa-apakan. Akan tetapi jika anak semakin besar dan tanda lahir tidak kunjung hilang terutama di bagian-bagian yang mudah terlihat seperti wajah, Anda bisa menghubungi dokter. Siapa tahu bisa dikoreksi sehingga bisa mengurangi pengaruh negatif pada perkembangan psikis anak Anda.


Related Posts:
CACINGAN pada anak-anak sudah sangat umum dan diketahui oleh masyarakat
MUSIM hujan sudah kembali melanda berbagai daerah di Indonesia. Selain d
Sulit BAB sejak lahir tidaklah normal apalagi bila ia juga terlambat men
CUACA yang tidak menentu atau di musim kemarau yang panas dan berdebu se
DIARE merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh bayi dan ba
KOMPAS.COM - Nama lain flu adalah influenza, common cold, batuk pilek, a
 

Quotes Of The Day

"Saya mohon maaf darimu atas saat-saat saya bicara ketika seharusnya mendengarkan, saya marah ketika seharusnya saya sabar, bertindak ketika seharusnya saya menunggu, takut ketika seharusnya saya bergembira, memarahi ketika seharusnya saya mendukung, mengkritik ketika seharusnya saya memuji, berkata tidak ketika seharusnya saya berkata ya, dan berkata ya ketika seharusnya saya berkata tidak."

Marian Wright Edelman