Tanda Biru, Tanda Lahir

BIRTHMARK atau tanda lahir pada anak sering kita jumpai pada daerah sekitar kulit bokong, paha, lengan atas atau pada bagian tubuh bayi yang baru lahir. Tanda ini bisa berupa bercak berwarna kehitaman, biru atau merah pada kulit. Tanda lahir ini muncul akibat sekumpulan pembuluh darah kecil yang tumbuh abnormal(terlalu banyak) dibawah kulit. Tapi apa yang menyebabkan tanda lahir ini muncul hanya pada satu area tubuh tertentu hingga kini belum diketahui penyebabnya secara pasti.

Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa jenis tanda lahir yang hampir semua akan hilang dengan sendirinya, diantaranya adalah:

  • Port Wine Stains - Berwarna merah muda atau merah yang disebabkan oleh pembuluh rambut yang membesar di dalam kulit.
  • Strawberry Marks - Awalnya tanda lahir ini muncul sebagai titik merah kecil yang kadang tidak jelas terlihat. Selama bulan pertama kehidupan bayi, titik merah ini akan tumbuh sampai menjadi sebuah gumpalan merah.
  • Mongolian Spot -Inilah tanda lahir yang paling banyak terjadi pada bayi Asia. Cirinya berwarna biru kehitaman dan sering muncul di lengan, punggung atau bokong bayi.
  • Salmon Patches - Tanda lahir ini sering juga disebut Storkbites(gigitan burung bangau).
  • Pigmented Naevy - Berwarna coklat pucat, dan akan membesar seiring pertambahan berat badan bayi.
  • Hemangioma - Tanda lahir ini lebih sering muncul pada anak perempuan dibanding dengan anak laki-laki dan umumnya muncul pada ras kaukasia. Bentuknya berupa benjolan berwarna merah dan muncul dalam bentuk tak beraturan. Awalnya hemangioma muncul seperti noktah berwarna merah lalu terjadi benjolan. Ukuran hemangioma akan membesar (bisa mencapai ukuran ibu jari orang dewasa) sampai bayi usia 18 bulan. Selanjutnya ia akan mengempis dan memudar warnanya secara perlahan dalam waktu 3-10 tahun. Walau demikian, bila sangat mengganggu misalnya menutupi mata sehingga mengganggu penglihatan jika ini terjadi maka sebaiknya anda segera menghubungi dokter.

Jika anak Anda mengalami salah satu dari berbagai tanda lahir tersebut di atas maka sebaiknya hal yang Anda lakukan adalah sabar dan tidak usah diapa-apakan. Akan tetapi jika anak semakin besar dan tanda lahir tidak kunjung hilang terutama di bagian-bagian yang mudah terlihat seperti wajah, Anda bisa menghubungi dokter. Siapa tahu bisa dikoreksi sehingga bisa mengurangi pengaruh negatif pada perkembangan psikis anak Anda.


Related Posts:
MENERAPKAN pola tidur yang baik pada anak sedini mungkin, akan sang
TIDUR bagi bayi memiliki banyak manfaat, selain merangsang tumbuh kemban
MENIMANG bayi agar lebih cepat tidur di malam hari memang gampang-g
TIDUR nyenyak sangat penting bagi pertumbuhan anak. Karena, saat ti
WAKTU tidur bayi sangatlah perlu Anda perhatikan agar memiliki kualitas yan
TAHUKAH ANDA bahwa bayi juga menguap lho kalau mengantuk, tidak hanya itu b
 

Quotes Of The Day

"Ayah yang bijaksana adalah ayah yang mengenal anaknya sendiri."

William Shakespeare