JoomlaTemplates.me by Discount Bluehost

Merukunkan Kakak Dengan Adik Baru

Category: Tumbuh Kembang

KECEMBURUAN yang akan dialami kakak dengan adik barunya adalah wajar terjadi, untuk itu diperlukan sikap bijaksana dan lapang dada bagi orang tua. Kesulitan akan terjadi jika si kakak belum genap berusia dua tahun, karena anak yang masih dibawah usia dua tahun akan menuntut perhatian penuh. Egosentrisme anak masih sangat kental dan masih sangat sulit  menerima pengertian. Baru setelah usia dua tahun rasa egosentrismenya akan berangsur-angsur berkurang dan anak mulai dapat menerima keadaan di sekitarnya. Karena itu sebaiknya ditunggu hingga anak berusia dua tahun agar si anak enak dan orang tua juga enak.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk anaknya yang sudah berusia lebih dari dua tahun agar mau menerima dan berbagi dengan adiknya.

Sebelum Lahir

Persiapan paling dini untuk ibu yang sedang hamil adalah memberi pengertian bahwa ia juga berasal dari perut ibu yang sama dengan calon adik. Ibu juga bisa menceritakan bagaimana merawat dia dengan segala senang hati dan menyayanginya sama seperti yang dilakukannya sekarang ini. Sang kakak diajak juga ikut mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan adik baru agar ia merasa lebih dihargai sehingga dapat menuruti perintah orang tua.

Mencari Perhatian

Bila pada bulan-bulan awal kelahiran, kakak mencari perhatian lebih orang tua jangan marah. Semua wajar karena dia terkejut, mengapa mahluk yang hanya bisa menangis dan pipis itu kini jadi pusat perhatian dan orang-orang mengabaikannya. Kakak yang semula pemberani berubah menjadi cengeng, mudah tersinggung dan marah, ibu harus lebih sabar dalam melayani anak sulung. Ibu perlu menghargai keinginan anak sulungnya dan berusaha menahan untuk tidak menunjukkan reaksi terkejut, jengkel, dan marah sebab memamg itulah yang diinginkannya. Jika itu terjadi dia akan tambah membuat ulah untuk memancing kemarahan orang tuanya, sebab dengan cara ini ia akan mendapat perhatian lebih dari orang tuanya.

Tindakan terbaik adalah memberi pengertian dengan kesabaran dan tanpa emosi, kemudian diam dan jangan perhatikan tingkahnya. Jauhkan saja adiknya dari jangkauan kakaknya, alihkan pembicaraan ke topik lain seolah tidak terjadi apa-apa. Intinya jangan memberi perhatian dalam bentuk yang menjengkelkan ataupun yang membikin marah, sehingga akhirnya dia tahu bahwa ia harus mencari perhatian dengan cara lain bukan dengan mengganggu adik.

Hargai Pendapatnya

Setiap anak mempunyai harga diri yang harus dihormati, juga oleh orang dewasa. Anak-anak hanyalah makhluk kecil yang tak mampu melawan. Kalau harga diri mereke terinjak mereka pun tak bisa berbuat apa-apa. Tetapi anak seperti inilah yang kelak dalam kehidupannya akan tumbuh dengan kepribadian tak sempurna. Pendapat anak usia tiga tahun kadang terasa menggelikan tapi itupun harus dihargai.

Tunjukkan Foto Masa Kecilnya

Dengan melihat foto-foto masa kecilnya akan lebih mudah memudahkan bagi ibu untuk memahamkan kepada kakak bahwa ia dulu juga memperoleh kasih sayang besar dari ayah dan ibu, dan memperoleh keistimewaan dan perhatian sepenuh hati dari semua keluarga. Jika kakak menerima pemahaman ini akan lebih mudah untuk menumbuhkan empatinya kepada adik.

Beri Perhatian Ekstra

Perubahan sikap yang ditunjukkan oleh kakak menjadi seorang pemberontak dan cengeng hanyalah perasaan kekhawatiran yang berlebihan jika tidak akan ada lagi orang yang menyayanginya. Hal ini jika didiamkan akan menimbulkan stres pada diri kakak. Memarahi, menghina, mengejek dan memaksa kakak menghilangkan perilaku anehnya secara paksa hanyalah akan memperkuat kekhawatirannya bahwa tidak akan ada lagi orang yang akan memperdulikan dirinya lagi. Kakak akan semakin aneh lagi untuk memancing kemarahan orang tuanya. Sabar dan terus berusaha memahami konflik yang sedang terjadi dalam diri kakak. Tunjukkan pada kakak bahwa ibu dan ayahnya tetap mau memberikan perhatian kepadanya. Buktikan bahwa kakak tak perlu merasa khawatir lagi.

Menghargai Kelebihan Kakak

Ketika adik menangis ajaklah kakak untuk berusaha mendiamkan adik, bila adik melakukan kesalahan biarkan kakak menenangkannya. Dan ajaklah kakak untuk mengajari adik berbicara sebab dengan cara seperti itulah si kakak akan merasa lebih dihargai karena diberi kesempatan untuk menunjukkan kelebihannya didepan adik. Perkembangan rasa harga diri yang sehat akan menentukan pikirannya dimasa-masa selanjutnya, perkembangan kepribadiannya akan akan berjalan lancar dan ia bisa menerima kehadiran adiknya dengan perasaan gembira dan senang hati.

Tanggung Jawab Ringan

Kakak-kakak yang masih balita biasanya akan senang jika diberi tanggung jawab dan  kepercayaan membantu pekerjaan seperti ini, sudah tentu hasilnya akan jauh dari baik tetapi tujuannya adalah sekedar menumbuhkan perasaan bahwa diri mereka juga dihargai dan dibutuhkan untuk mengurusi adik. Jangan lupa pula orang tua untuk memuji pekerjaan yang dilakukannya sebab dengan cara ini akan menumbuhkan perasaan sayang juga kakak terhadap adik. Kakak akan menikmati perannya yang baru, sebagai pelindung dan penasehat bagi adiknya.