JoomlaTemplates.me by Discount Bluehost

Menghadapi Anak Marah

Category: Tumbuh Kembang

SEBAGAI orang tua, kita mungkin sering mengeluhkan perilaku anak-anak yang kurang sesuai dengan harapan kita. Walaupun jika ditilik lebih jauh, sebenarnya orang tualah yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan perilaku anak tersebut. Di antara perilaku anak yang sering kita dapati adalah lancang (berani melawan orang tua) dan pemarah.

Read more: Menghadapi Anak Marah

Ketika Anak Marah

Category: Tumbuh Kembang

JIKA anak anda marah, jangan balik memarahi dirinya. Perhatikan hal-hal berikut :

  1. Dengarkan dengan penuh perhatian dan fokus kepada dirinya. Lakukan kontak mata dan sentuh anak dengan lembut.
  2. Beri tanggapan dalam satu kata, bukan nasehat panjang, agar anak bebas berekspresi, "Oh begitu." atau "Hmmm ...".
  3. Berikan nama terhadap perasaan yang dialami anak. "Aku tahu rasanya, kayak ada gunung meletus di dalam dada yaa, nggak enak yaa ?".
  4. Sebut tingkah laku anak, lalu kaitkan dengan emosinya. "Kamu tendang-tendang karena marah yaa ?".
  5. Beri anak waktu untuk mengekspresikan emosinya. Tetapi tetap tegas untuk tidak melanggar kesepakatan bersama. "Kamu boleh menangis keras, namun tidak merusak dan merobek-robek buku".
  6. Bila kita emosi, pisahkan diri dengan tenang. Katakan kita perlu waktu untuk menenangkan diri.
  7. Saat kita sudah tenang, lakukan kontak fisik dengan anak. Bila dia menolak, mendekatlah secara fisik.
  8. Bahas tingkah laku lain yang bisa dilakukan saat dia mengalami emosi yang sama. "kalau lagi kesel, daripada kamu teriak-teriak, kamu bisa bilang kalau kamu tidak suka".
  9. Setelah marah reda, lakukan langkah menyelesaikan konflik bersama anak.

#KeluargaKita

Mengajarkan Bayi Tidur Teratur

Category: Tumbuh Kembang

tidur bayiTIDUR merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi perkembangan bayi, sekaligus menjadi sebuah masalah yang paling sering dihadapi oleh orangtua. Salah satu manfaat tidur bagi bayi adalah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak agar menjadi anak yang cerdas, berakal, dan berpikiran jernih. Sebabnya, sekitar 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat bayi tidur, khususnya awal tahap ke-3 dan ke-4 tidur. Tingginya kadar hormon pertumbuhan ini erat hubungannya dengan kondisi fisik bayi karena hormon ini punya tugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk juga otak bayi.

Read more: Mengajarkan Bayi Tidur Teratur

Melindungi Kepala dan Otak Anak

Category: Tumbuh Kembang

melindungi otak anakUNTUK mengasuh anak anda menjadi anak yang cerdas secara fisik dan mental, anda harus selalu melindungi kemungkinan adanya kerusakan pada kepala dan otak anak anda. Seperti diketahui, kecerdasan seorang anak ditentukan oleh 3 faktor yang bekerja bersama-sama dan saling mempengaruhi, yaitu faktor keturunan dan faktor lingkungan yang telah disampaikan di awal tulisan ini, dan yang ketiga adalah faktor perubahan/kerusakan syaraf otak.

Read more: Melindungi Kepala dan Otak Anak